RENCANA BISNIS PRIBADI
KALDO MADURA
A.
Pendahuluan
Kuliner
adalah bisnis yang prospeknya sangat baik karena semua orang membutuhkan
makanan dan semakin kesini semakin banyak orang yang sibuk dan tidak sempat
memasak. Peluang ini akan mendorong kesuburan bisnis kuliner. Kuliner yang
diminati oleh masyarakat tentunya yang memiliki keunikan dan kekhasan. Beberapa
pembeda kuliner yang membuat kuliner menarik adalah rasa, bentuk, jenis, dan
membawa nama daerah tertentu.
Kuliner madura
yang dikenal masyarakat hanya sate madura, padahal madura mempunyai banyak jenis
makanan khas. Makanan khas yang sampai saat ini tidak saya temukan di daerah
yang pernah saya datangi (Jombang, Pare Kediri, Palu, dan Yogyakarta) adalah
Kaldo Madura.
B.
Profil Usaha
Jenis usaha yang akan dijalani adalah kuliner
dengan membawa daerah sebagai ciri khasnya. Usaha ini akan dimulai dengan
membuka warung di kios sederhana. Nama dari usaha ini adalah Kaldo Madura.
Lokasi dari warung ini di daerah sapen atau disekitar kampus UIN Sunan
Kalijaga.
C.
Struktur Organisasi
Faizah sebagai pemilik dan satu karyawan yang
menjaga dan menjual dagangan di warung.
D.
Produk
Kaldo Madura dibuat dari kacang hijau yang direbus
dengan rempah-rempah dan daging sapi. Keunggulan dari kaldo adalah nutrisinya
yang baik untuk tubuh serta berbagai macam vitamin, protein, karbohidrat dan
minyak atsiri yang berasal dari rempah, kacang hijau dan daging sapi. Selain
itu, kaldo belum dikenal oleh masyarakat sehingga bisnis ini adalah yang
pertama mengenalkan adanya kekayaan kuliner madura selain sate madura yang
sudah lebih dulu dikenal.
E.
Target Pasar
Targer pasar awal adalah mahasiswa UIN Sunan
Kalijaga dan masyarakat sekitar UIN Suka. Target lanjut adalah seluruh warga
Yogyakarta dan dapat menyebar ke wilayah di luar Yogyakarta.
F.
Promosi dan Pemasaran
Pemasaran dilakukan dengan penyebaran
brosur, pemberian diskon untuk minggu pertama dan pembuatan halaman di berbagai
media sosial.
G.
Laporan Keuangan
Biaya produksi untuk 20 porsi
1. Kacang hijau 1 kg 10.000
2. Daging ¼ kg 25.000
3. Rempah-rempah 10.000
4. Krupuk 5.000
Jumlah 50.000
Harga jual per porsi adalah
5.000 sehingga laba per 20 porsi adalah 50.000.
No comments:
Post a Comment